Penerapan Komputerisasi Akuntansi pada Bisnis Hotel

Secara umum, komputerisasi yang dilakukan di dalam sebuah bisnis hotel terbagi menjadi 2 (dua) bagian, yaitu

FRONT OFFICE

yaitu komputerisasi yang berhubungan dengan pelayanan pelanggan misalnya mulai dari Reservasi, Registrasi (pendataan tamu check in), Kasir (Penerimaan pembayaran) dan  Managemen Status Kamar (House keeping). Dan yang kedua adalah

BACK OFFICE

Komputerisasi Back Office meliputi, Pencatatan Pendapatan dari hasil sewa kamar, pencatatan Piutang kepada Travel Agen atau perusahaan lain, Management persediaan, baik persediaan untuk keperluan kamar, maupun persediaan untuk keperluan restoran, Pemesanan dan penerimaan barang persediaan, Hutang kepada pemasok,Pencataan keluar masuk kas dan biaya-biaya optional (gaji karyawan dll)  dan tentu saja pembuatan laporan keuangan yang meliputi laporan rugi laba dan neraca.

Dari pemisahan 2 bagian diatas, Blog ini nantinya hanya membicarakan masalah-masalah dan penerapan komputerisasi yang berhubungan dengan Back Office saja. Kita tidak membicarakan bagaimana mencatat tagihan tiap kamar, siapa yang sudah reservasi, berapa alotment untuk tiap travel agen dan lain sebagainya, akan tetapi kita akan membicarakan:

-         mencatat pendapatan kamar hari ini

-         mencatat pendapatan restoran

-         bagaimana managemen piutang kepada travel agen

-         bagaimana melakukan stock opname persediaan

-         bagaimana proses pengambilan barang dari gudang ke kitchen

-         apakah barang sisa di kitchen di hitung sebagai persediaan

-         mencatat pengeluaran biaya

-         membuat laporan keuangan

-         dan lain-lain yang berhubungan dengan back office

meskipun sebenarnya masing-masing hotel memili karakteristik sendiri dalam menjalankan usahanya, sehingga sebanarnya pencatatan akuntansinya juga tidak akan sama persis, akan tetapi kita akan membicarakkannya secara umum.

Penting bagi Anda sebagai pengusaha hotel untuk memiliki sebuah laporan keuangan yang baik dan benar, agar Anda bisa memiliki sebuah wacana (bahan) didalam mengambil keputusan mengenai langkah-langkah yang akan di ambil di dalam Bisnis Hotel Anda.

Bagaimana dengan hotel Anda, sudah memiliki system komputerisasi Akuntansi?

Author

Gn. Radian Team

About these ads

10 responses

  1. software yang disediakan oleh Armadillo Accounting untuk hotel, meliputi apa saja ya ? dan berapa harga terakhir…dan kira-2 cocok untuk hotel bintang berapa ? thank you, mohon blasan…

    Suka

    • Salam Kenal Bu Jeanne,
      Berikut Informasi dari kami, yang bisa di gunakan di software Armadillo Accounting untuk bisnis hotel secara globalnya adalah
      pembuatan laporan keuangan baik neraca dan rugi laba.
      Adapun detail yang bisa di terapkan di bisnis ini adalah di bagian Back Office yang meliputi Bagaian :
      1. Income ( Mencatat dan memeriksa hasil penjualan dari kamar dan restaurant)
      2. Account Reveneue ( Mencatat Piutang baik kepada Travel Agent , Maupun kepada Corporate)
      3. Account Payable ( Mencatat Hutang kepada pemasok dan hutang2 lainnya)
      4. Store / Gudang
      5. Cashier / Kasir

      6. Cheef Accounting / Juru Buku – Membuat Laporan Keuangan

      Harga Produk, Terakhir Per 1 Nop 2011 Rp 3.500.000

      Cocok untuk hotel bintang berapa ? :) wah ini pertanyaan sulit . setahu saya ukuran bintang itu dari fasilitas hotelnya, bukan dari laporan keuangan nya .kalau kita ngomong tidak cocok untuk bintang lima, tapi kalau bintang limanya masih menggunakan ms excell untuk laporan keuangan nya, ya masih lebih baik pakai armadillo accounting ya… :).
      tapi kalau kami katakan secara umum armadillo accounting lebih cocok untuk bintang 3 ke bawah.
      semoga bisa membantu

      Suka

  2. Apakah software Armadillo bisa support/connect antara front office dng back office, bisa multi user gk y boss? Sy tertarik klo memang bisa mengakomodir kebutuhan kami tsb?
    Bgmn caranya untuk dpt informasi detail ttg hal tsb?

    Suka

    • Salam Kenal Pak Sutino,
      Wah Mohon maaf pak, sebenernya program kita tidak ada front officenya :( , jadi yang kita bahas di sini hanya penerapan armadillo accounting yang ada di back office nya hotel. dengan asumsi hotel Anda sudah ada software front office nya (atau menggunakan manual) akan tetapi tidak punya software back office nya. untuk detail penerapannya silahkan Anda mngikuti postingan -postingan dari kami.
      Semoga bisa membantu.

      Suka

      • tp bisa multi user gk ya boss…?
        Klo hrg 3.5jt bisa multi user kami tertarik sekali neh boss, gmn cara dptin trial-nya utk qt cb test dulu? Klo OK, lsg qt BELI bosss?
        btw di Jkt ada gk ya toko2/agen yg menjualnya?
        tks

        Suka

      • iya pak, SUDAH MULTI USER .
        untuk pembelian, saya sarankan langsung beli dari kantor pusatnya dimalang aja pak
        dengan Bu Linda or Pak Haris. telp 0341 – 718242 atau 0341-992 5605
        kalau pingin lewat jakarta bisa beli lewat Bp Totok di Hotel Crystal cilandak HP 081 838 0046
        untuk mencobanya silahkan download di http://www.armadilloaccounting.com
        semoga sukses

        Suka

  3. I’m really impressed with your writing skills and also with the layout on your weblog. Is this a paid theme or did you modify it yourself? Either way keep up the nice quality writing, it’s rare to see a nice blog like this one today.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s