Panduan sederhana beli komputer pertama

4_6_2013_23_47_57_gh0d5q8gc59l45v0t6f9i86to6_8o1h9q0vozTerkadang untuk memulai sesuatu yang baru, yang belum pernah kita lakukan , kita akan merasa ragu-ragu atau takut. Banyak yang kita pikirkan sebelum kita maju melangkah untuk melakukan hal itu.
Sama halnya dengan memilih komputer bagi pemula yang belum pernah sama sekali mengenal dunia komputer. Pertanyaan standard bagi para pemula adalah:

• bagaimana membedakan bahwa yang akan saya beli ini cocok bagi saya?

• kenapa ada yang murah dan ada yang mahal padahal type nya sama ? • bagiamana after salesnya?

• bulit up atau rakitan?

• Jika sudah punya komputer memulai belajar darimana ?

• mampukah saya mengoperasikan?

Sebenarnya untuk memulai sesuatu yang baru,kita tidak bisa megatakan kita benar atau salah sebelum kita melakukannya. Yang penting adalah kita mempunyai tujuan atas apa yang kita lakukan.

Memutuskan untuk membeli komputer, juga bisa mempunyai banyak maksud, apakah sekedar ingin punya dan tidak memanfaatkan ataukah ingin benar-benar memanfaatkanya. Nah, dari sini apabila kita ingin memanfaatkan sebuah komputer kita juga harus punya tujuan yang jelas ( lebih detail lagi) yaitu apakah ingin di buat menulis (surat misalnya) atau menggambar, atau menghitung dan sebagainya, begitu seterusnya sampai anda menemukan tujuan yang paling utama dari keinginan anda membeli komputer. Setelah anda menentukan tujuan, maka dari sini anda dapat menentukan spesifikasi minimum yang harus anda anggarkan untuk pembelian komputer.dengan tujuan anda ini, anda bisa bertanya kepada yang lebih ahli bahwa jika anda ingin mencapai tujuan itu, maka spesifikasi apa yang harus di beli.

Bagaimana jika tujuannya banyak?

Pilih yang paling penting

Bagaimana jika semua penting ?

Pilih yang tujuannnya paling membutuhkan spesifikasi tinggi

Kenapa ada yang murah dan ada yang mahal , padahal typenya sama?

Jika anda benar – benar menggeluti dunia hardware komputer, maka Anda akan menemui begitu banyaknya variasi yang bisa kita rakit dalam sebuah PC. Banyak hal yang berpengaruh pada harga sebuah komputer selain dari pada type ( Pentium 1, 2, 3 atau 4) yaitu : Merk, Besar kecil kapasitas, Speed, JenisVGA, baru / second dan lain-lain. Jadi apabila Anda ditawari disatu tempat lebih murah dari tempat lainnya selama selisihnya sampai dengan kurang lebih Rp 100.000 maka itu adalah harga yang wajar, baik di vendor yang mahal maupun yang murah. Lebih bagus lagi jika anda punya pembanding 3 vendor atau lebih. Yang perlu digarisbawahi dalam pembelian komputer adalah semakin mahal kita mengeluarkan uang maka semakin baik komputer tersebut (jawa: ono rego ono rupo). Jika anda tidak ada tempat untuk bertanya, maka perbanyaklah membaca brosur-brosur penawaran komputer, teliti perbedaan penulisannya secara detail maka anda akan tahu spesifikasi komputer dengan lebih baik. After sales? Untuk komputer baru , biasanya semakin mahal anda beli, maka after salesnya semakin bagus, karena biasanya merupakan jaminan produsen ( bukan vendor) bahwa jika anda membeli yang bermerk(lebih mahal) maka jika terjadi kerusakan anda akan mudah mendapat gantinya.atau anda akan mendapat garansi dalam jangka waktu lebih lama dibanding dengan komputer yang lebih murah.

Memilih Bulit Up atau Rakitan?

Komputer Bulit Up adalah komputer yang di rakit langsung dari pabrik tertentu. Biasanya mereka menjamin ke handalan dan after salesnya, dengan jaminan itu otomatis membuat harga komputer bulit up jauh lebih mahal dari komputer rakitan, meskipun demikian ada beberapa kekurangan dalam komputer bulit up, yaitu apabila anda sudah lepas garansi maka Anda akan menemui kesulitan jika salah satu dari komponen komputer anda ada yang rusak. Sedangkan rakitan adalah komputer yang di rakit sendiri oleh vendor dari komponen-komponen yang diperoleh dari produsen-produsen spare part (biasanya dari taiwan). Karena merupakan rakitan sendiri maka variasi harga komputer rakitan akan sangat beragam ( tapi tetap lebih murah dari pada komputer built up dengan spesifikasi yang sama). Karena rakitan sendiri, maka otomatis apabila terjadi kerusakan, kita akan lebih mudah untuk memperleh penggantinya.

Jika sudah punya komputer memulai belajar darimana ?

Komputer(Hardware) tidak akan bisa digunakan tanpa ada software nya, nah belajar komputer disini adalah belajar cara menggukan software. Kembali lagi ke tujuan anda membeli komputer tadi digunakan untuk apa, dari sini anda fokus pada belajar menggunakan software itu ( dan jangan belajar yang lain dulu) setelah anda bisa memanfaatkan komputer itu untuk maksud dan tujuannya, maka mulailah belajar yang lain. Sebagai contoh jika anda bisa ingin mahir menulis surat pelajari ms Word jika ingin design pelajari Adobe Photo shop dan atau corel draw , jika ingin gambar arsitektur pelajari Autocad dan lain sebagainya. Tapi sebeum anda mengerti itu semua, anda harus mengerti cara menggunakan OS (Operating Systemnya) sebagai contoh OS yang paling terkenal adalah windows (98, XP,200 dan lain-lain)

Mampukah saya?

Jika sudah berpikir untuk membeli komputer berarti pikiran anda sudah mulai terkomputersiasi , jadi apabila Anda bertanya mampukah saya? Maka jawabannya adalah mampu. Batasan tidak mampu adalah batasan yang kita bikin sendiri. Jika anda berpikir mampu maka anda pasti mampu

2 responses

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s