Memenangkan Kompetisi Bintang 5 Bukan Hal Tabu !!

Pelayanan sangat penting sekali bagi hotel untuk mendatangkan banyak pelanggan/konsumen. Untuk itu, pelayanan prima menjadi hal yang wajib dilakukan untuk mencapai tingkat kepuasan yang tinggi dari pelanggan/tamu. Seperti hukum alam yang mengatakan siapa yang menanam maka ia yang menuai, jika diterapkan dalam pelayanan pelanggan/tamu, maka akan menjadi siapa yang memberikan pelayanan terbaik diantara yang paling baik (prima) maka akan mendapatkan kesan yang sangat baik dari para pelanggan. Bukan menjadi hal mustahil jika selanjutnya pelanggan akan merekomendasikan tempat kita ke orang lain. Dengan begini, maka secara otomatis juga akan meningkatkan pendapatan serta relasi usaha kita. Keep trying hard to be the best serving and achieve unforgettable impression good people 🙂

Nah, untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan, dalam dunia perhotelan diadakanlah klasifikasi yang pelaksanaannya menjadi sangat penting, khususnya bagi hotel yang berjaringan internasional. Meskipun membutuhkan biaya yang tidak besar, klasifikasi cukup penting dilakukan untuk memenuhi ekspektasi tamu ketika memilih hotel. Misalnya penilaian di sisi konsep hotel, kualitas pelayanan, kenyamanan kamar, luas kamar, kelengkapan fasilitas hotel, dan lain-lain. Oleh karena itu, untuk perkembangan bisnis penginapan/hotel perlu diadakan klasifikasi. Pada tulisan kali ini, kita akan membahas klasifikasi hotel dan aspek penilaiannya serta apa saja yang dapat mendongkrak performa hotel yang sedang kita kelola.

Klasifikasi Hotel
Klasifikasi hotel merupakan pengelompokkan hotel atas kelas atau tingkatan, yang didasarkan pada ukuran penilaian tertentu. Hotel dapat dikelompokkan ke dalam berbagai kriteria menurut kebutuhannya. Hotel di Indonesia digolongkan menjadi 5 (lima) kelas hotel, yaitu hotel bintang 1, hotel bintang 2, hotel bintang 3, hotel bintang 4, dan hotel bintang 5.

Berdasarkan Perhimpunan Hotel Indonesia Klasifikasi hotel berdasarkan cara pengoperasiannya dibagi menjadi :

1. Hotel internasional, bertaraf internasional, berdasarkan fasilitas, pelayanan dan perlengkapannya dengan standart internasional.
2. Hotel wisata, bertaraf nasional, fasilitas, perlengkapan dan pelayanannya memenuhi persyaratan untuk menampung para wisatawan dengan tarif lebih rendah dari pada hotel internasional.
3. Hotel biasa dan losmen, fasilitas lebih sederhana dengan mengutamakan akomodasi, fasilitas makan dan minum

Unsur – Unsur yang Dipergunakan Dalam Penilaian :
 Standard hotel yang ramah lingkungan
 Standard Pengolahan makanan / minuman
 Standard Kompetensi Sumber Daya Manusia
 Penggunaan Produk Dalam Negeri
 Pemberdayaan Masyarakat Sekitar

Fungsi diadakannya klasifikasi, yaitu :
a. Kenyamanan ( comfort )
b. Kebersihan / penjagaan kesehatan ( Sanitasi/ Hygiene )
c. Keselamatan ( Safety )
d. Jaminan Keamanan ( Security )
e. Kermahan Lingkungan ( Environment )
f. Nilai Tambah ( Investasi )
g. Sikap Layanan ( Attitude )
h. Ketrampilan ( Skill )
i. Teratur, tertib ( orderly )
j. Ketepatan ( Akurasi )
k. Kecepatan ( Waktu )

Persyaratan Dasar merupakan unsur persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap hotel untuk dapat beroperasi. Unsur perlindungan publik ini diatur oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku dan merupakan tanggung jawab pemerintah untuk menyatakan legalitas dan kelayakan teknis operasional.

Persyaratan dasar ada beberapa aspek persyaratan, yaitu:
1. Aspek Fisik
Ditekankan pada keamanan, kenyamanan, kepuasan, kebersihan serta jaminan hotel terhadap kesesuaian dan integrasi pengelolaan lingkungan.
2. Aspek Pengelolaan
Kemampuan hotel dalam mengelola berfungsinya persyaratan fisik hotel untuk menjamin kualitas pelayanan.
3. Aspek Pelayanan
Kemampuan dalam memberikan pelayanan ( unsur manusia/ human touch ) yang mencakup pengetahuan, prosedur (teratur, tertib) ketepatan waktu dan kecepatan serta sikap perilaku yang mencerminkan etika sopan santun budaya Indonesia. Aspek pelayanan dapat ditunjang dengan pemakaian system pada front maupun back office hotel.

Nah, kita sudah membahas banyak tentang klasifikasi hotel. Memang pelaksanannya menjadi sangat penting karena tuntutan perkembangan zaman, perkembangan teknologi serta kenyamanan calon tamu yang akan menginap. Ketiga hal tersebut tidak lepas dari efisiensi dan efektifitas pelayanan yang kita berikan kepada calon tamu kita. Seperti kecepatan dan ketepatan dalam pelayanan dan memenuhi kebutuhan tamu.

Berbicara mengenai kecepatan dan ketepatan, hal ini tidak kalah menarik, meskipun sebuah hotel sudah mendapatkan kelayakannya sebagai hotel terbaik melalui klasifikasi, reklasifikasi akan menjadi hal yang semakin memperkuat eksistensi penghargaan sebagai hotel terbaik. Selain, factor kenyamanan tamu dalam pelaksanaan reklasifikasi hotel, hal yang perlu diperhatikan adalah hal-hal baru terkait perkembangan teknologi yang dikhususkan untuk hotel. Seperti halnya system hotel yang sudah banyak ditawarkan untuk membantu para pemilik bisnis hotel dalam menyetir hotelnya menjadi salah satu kategori hotel terbaik bertahan dalam hal memberikan pelayanan cepat dan tepat.

Seperti apakah itu ? lebih mudahnya menyangkut system informasi hotel yang memberikan informasi real time atau up to date terkait guest room, room availability, check in, check out, guest folio, guest payment, dan masih banyak keuantungan lainnya. Dengan adanya sistem ini diharapkan para tamu mendapatkan pelayanan yang lebih baik (good of service).

Ini akan menjadi nilai tambah bagi hotel tertentu untuk layak dijadikan sebagai hotel terbaik loh good people. Yups, dengan adanya system yang mendukung lebih mudahnya akses informasi hotel, maka dapat dipastikan terwujudnya hotel yang professional dengan pelayanan dan system terbaiknya. Pada akhirnya, untuk memenangkan kompetisi bintang 5 bukanlah yang sulit dan tabu lagi bagi semua pelaku bisnis keramah-tamahan (hospitality Industri).

Nah, begitulah sedikit ulasan mengenai pentingnya sistem untuk pengembangan dan pencapaian terbaik dalam dunia hospitality. Untuk pertanyaan lebih lanjut dan konsultasi mengenai usaha hospitality anda saat ini, silahkan hubungi kami, kami siap membantu anda dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan pencapaian terbaik untuk hotel anda.

untuk mengetahui lebih lanjut tentang kami, silahkan kunjungi kami di Armadillo Accounting. 🙂

Selamat mencoba. Semangat Berbenah dan Salam sukses. [ekaestakeum]

 

Ika Lestari. ~ [ekaestakeum]
Blog and News Division
CV. Radian Multi Prima
Pandanwangi Royal Park II – F55,
Malang – Jawa Timur – Indonesia

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s